Boy Scouts Gerakan Internasional Pembentukan Karakter Anak dan Remaja

Januari 20, 2008 at 5:54 am 4 komentar

Boy Scouts, gerakan internasional yang bertujuan untuk meningkatkan karakter anak-anak dan remaja dan melatih mereka untuk dapat bertanggungjawab di masa dewasa nanti. Gerakan ini bermula di Inggris di tahun 1907 oleh Sir Robert Baden-Powell, yang program-program dasar gerakannya diilhami oleh dua organisasi remaja yang telah lebih dahulu terbentuk : Son of Daniel Boone, didirikan oleh Daniel Carter Beard seorang naturalis-illustrator, dan Woodcraft Indian, yang dipelopori oleh Ernest Thompson Seton seorang penulis Inggris kelahiran Kanada.Kepanduan telah berkembang pesat lebih dari 140 negara di dunia. Organisasi-organisasi kepanduan internasional adalah organisasi yang independent tetapi biasa bertemu setiap dua tahun sekali dalam Boy Scouts World Conference. Biro Kepanduan Sedunia (The Boy Scouts World Bureau) berada di Genewa, Swizerland, berfungsi sebagai sekretariat organisasi. Kegiatan pertemuan besar internasional, yang disebut Jambore, dilaksanakan setiap 4 tahun sekali.  

Sejak dibentuk oleh Sir Robert Baden-Powell di Inggris, maka berdiri organisasi-organisasi kepanduan di banyak negara, seperti di Amerika Serikat pada tahun 1910. Setiap pandu mengucapkan sumpah pandu, dan berusaha menjadi seorang yang “kuat jasmaninya, kuat mentalnya, dan bermoral baik.” Gerakan kepanduan tidak bersekte dan tidak mempunyai hubungan khusus dengan dinas militer atau kepentingan politik tertentu. 

Organisasi kepanduan adalah kegiatan yang paling banyak menghabiskan waktunya di alam terbuka. Berkemah adalah merupakan program tetap organisasi, yang terkandung di dalamnya program konservasi alam, kehutanan, pertanian dan aksi sosial dan bakti pada masyarakat. Sebagai contoh, selama Perang Dunia II (1939–1945), the Boy Scouts berpartisipasi dalam banyak kegiatan sipil. Program-program lainnya antara lain meningkatkan keterampilan dalam pengetahuan tentang hewan dan tumbuhan, berenang, pertolongan pertama, bersemboyan, dan aktivitas lainnya. Motto para pandu adalah ”Be Prepared” yang artinya selalu siap sedia untuk menolong dan bertindak. 

Jadi apakah kepramukaan itu? Menurut Lord Baden-Powell (terjemahan) yaitu : ”Kepramukaan itu bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari dengan tekun, bukan pula merupakan kumpulan ajaran-ajaran dan naskah-naskah dari suatu buku. Bukan! Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di alam terbuka, tempat orang dewasa dan anak-anak pergi bersama-sama, mengadakan pengembaraan bagaikan kakak beradik, membina kesehatan dan kebahagian, ketrampilan dan kesediaan untuk memberi pertolongan bagi yang membutuhkannya”. 

Dari penjelasan Baden-Powell tersebut, kita akan dapat mengambil maknanya, yaitu : Kepramukaan adalah suatu permainan yang mengandung pendidikan. Pendidikan apa? Banyak para pembina yang telah melupakan ”hal paling mendasar”, bahwa faktor pembinaan watak (mental) adalah yang harus dan sangat diperhatikan. 

Dengan ”Pembangunan Karakter” (character building), Gerakan Pramuka dapat memberikan sumbangan positif terhadap negara dengan penyemaian benih-benih calon pemimpin yang patriotis.

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Scout La Negsatu Go National

4 Komentar Add your own

  • 1. cha-cha  |  Januari 24, 2008 pukul 7:35 am

    wesss…..ehmm
    tambahin yang banyak donkz fotonya kalau bisa bikin galeri gitu kan bisa tambah asyik liat anak laneg yang lagi lomba dan lagi kepanasan hehehehe

    yach kurang seru

  • 2. BayaN  |  Januari 30, 2008 pukul 5:03 am

    bosss…..jo lali ftone sing katah oyiiiiiiiiiiiiiii…..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • 3. keke genio  |  Februari 2, 2008 pukul 5:37 am

    KomentQ sich hmpr sma,mnding typ artikel t da fotox,kan seru!Ehm….mnrtQ krja krasx k.Eko da ok!Tggl ksh warna yg lbih ngejreng ja biar ngrusak mata!HA1000x!!!!

  • 4. mas x nia  |  Februari 8, 2008 pukul 12:42 pm

    waduh, lali karo arek lawas…..
    fotone perintis laneg
    dipajang dunkkk!!!

    kak,,,,,,

    jenggote mana?
    he2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Total Pengunjung

  • 93,074

%d blogger menyukai ini: