Gelora Penggalang Arena Lomba Kepramukaan Bagi Penggalang SD/MI Se-Malang Raya

Januari 20, 2008 at 6:44 am 5 komentar

Gerakan Pramuka yang diresmikan berdirinya pada tanggal 14 Agustus 1961 merupakan kesinambungan gerakan kepanduan nasional Indonesia yang berkewajiban dan bertugas menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi yang dapat menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan bangsa, bertanggungjawab serta mampu mengisi kemerdekaan Indonesia. 

Pola hidup konsumtif dan mewah berlebihan, yang cenderung makin diperlihatkan akan cepat diikuti oleh anak muda yang sedang mencari nilai-nilai dalam proses pembentukan pribadinya. Informasi beraneka ragam seperti pornografi, gaya hidup kaum muda yang jauh dari kewajaran, mudah meluas dan sukar dihindari. Angka penderita HIV/AIDS dari tahun ke tahun cenderung meningkat jumlahnya. Demikian pula pemakaian narkoba semakin meluas. Mungkin ini semua merupakan gejala menghindar (escape) dari kenyataan, karena sindrom masyarakat yang mengemuka dewasa ini adalah konflik dan kekerasan, kasih sayang dan tolong-menolong makin susah ditemukan. 

Menyikapi hal tersebut, maka Gugusdepan Gerakan Pramuka Kabupaten Malang 22099 – 22100 Airlangga – Gayatri Pangkalan SMP Negeri 1 Tumpang menyelenggarakan Gelar Lomba Pramuka Penggalang SD/MI (Gelora Penggalang) Regional Malang Raya yang merupakan kegiatan anti narkoba, yang berbentuk perlombaan kepramukaan dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan. 

Pertama kali Gelora Penggalang di selenggarakan pada tanggal 27 Januari 2002, kemudian rutin diselenggarakan setiap tahun pada bulan Pebruari. Setiap kali penyelenggaraan Gelora Penggalang selalu memperebutkan 12 piala tetap dari Panitia Penyelenggara, 2 piala tetap dari Pejabat Muspika Kecamatan Tumpang, serta 2 piala bergilir dari Kepala SMP Negeri 1 Tumpang dan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Malang. Sehingga jumlah piala yang diperebutkan ada 16 buah untuk berbagai kategori pemenang perlombaan. 

Tahun ini Gelora Penggalang sudah memasuki edisi ketujuh, yang dilaksanakan pada hari Minggu, 9 Maret 2008. Selama ini materi lomba dalam Gelora Penggalang meliputi bidang pengetahuan dan ketrampilan kepramukaan maupun bidang pengetahuan dan ketrampilan umum, sebanyak 10 sampai 30 mata lomba dalam setiap kali penyelenggaraannya dengan menggunakan sistem base methode/ pararel dan metode kegiatan secara serentak dalam waktu yang sama. 

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa syukur dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Menghasilkan kader – kader generasi muda tenaga pembangunan bangsa yang memiliki kepekaan, kesadaran dan kepedulian terhadap penyalahgunaan narkoba. meningkatkan jiwa kemandirian, kepemimpinan, persatuan, kesatuan dan persaudaraan, serta jiwa dan semangat patriotisme pramuka penggalang. Kemudian, memberikan suatu kegiatan yang dapat menambah rasa percaya diri dan prestasi Pramuka Penggalang di wilayah Malang Raya. Juga, meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikan kepramukaan bagi penggalang di wilayah Malang Raya. Serta, sebagai barometer pendidikan kepramukaan di tingkat penggalang yang mencakup aspek wawasan, pengalaman, ketrampilan dan pengetahuan. 

Pemegang Juara Umum Gelora Penggalang enam edisi sebelumnya adalah MI Mambaul Ulum Pakis, 2002, SDN Mangliawan 1 Pakis, 2003, SDN Tumpang 1 Tumpang, 2004, 2005, SD Islam Annur Tumpang, 2006, 2007. Sedangkan Juara Khusus direbut oleh MI Mambaul Ulum Pakis, 2002, 2003, SDN Tumpang 1 2004, 2005, 2006, SD Islam Annur Tumpang, 2007. (ejw)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

La Negsatu Pramuka Terbaik di Jawa Timur Gelora Penggalang Edisi ke-7 Siap di Gelar Minggu, 9 Maret 2008

5 Komentar Add your own

  • 1. rhara  |  Januari 30, 2008 pukul 8:18 am

    assalamualaikum ……
    2thumbs 4laneg.makin kreatif euy. tapi poto na teh koq jarang sih,tambahin ye….
    terus cemangat biar makin di kenal du-ni-ah
    wasssalamualaikum wr.wb

  • 2. shara azzuraida  |  Februari 2, 2008 pukul 6:31 am

    yo’i nih, klo mow ngasi foto yg banyak yah! biar makin
    ka-chow!….
    ka-chow tuh buat penyemangatnya!
    buktikan Laneg-mu!
    dunia mendukungmu…!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • 3. aldi Jibbsscout  |  November 21, 2008 pukul 1:12 pm

    terus yah bikin artikelnya biar aku baca teruuuuuuuus!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • 4. ukid  |  Januari 30, 2009 pukul 3:34 am

    bole tau daftar SD se-Malang ga??
    Pliz..

  • 5. seger siloe bank  |  November 9, 2011 pukul 7:07 am

    lomba gelora d lanek kapan ya?dan apa aja yg d lombakan…..kami dr sklh kepanjen berminat tuk menggikuti

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Total Pengunjung

  • 93,074

%d blogger menyukai ini: