La Negsatu Pramuka Terbaik di Jawa Timur

Januari 20, 2008 at 6:32 am 6 komentar

Target yang dicanangkan Gugusdepan Gerakan Pramuka Kabupaten Malang 22099 – 22100 Airlangga – Gayatri Pangkalan SMP Negeri 1 Tumpang sejak 1998 hingga 2007 melalui Program Rencana Strategik Gugusdepan “Proyek La Negsatu Emas 2003” dan Program Rencana Strategik Gugusdepan “Proyek La Negsatu Emas 2007” untuk menjadi Gugusdepan terbaik di Jawa Timur telah tercapai dengan hasil gemilang, hal ini ditandai dengan meraih Piala Gubernur Jawa Timur dan Piala Rektor Universitas Negeri Malang pada Lomba Perkemahan Pramuka Penggalang (LPPP) Regional Jawa Timur dua kali berturut-turut yaitu tahun 2003 dan 2005.

 

Laskar Negeri Satu Tumpang atau yang lebih dikenal dengan “La Negsatu” lahir dan mulai berkiprah pada tanggal 26 September 1998. La Negsatu merupakan sebutan ataupun sandi dari Gugusdepan Gerakan Pramuka Kabupaten Malang 22099 – 22100 Airlangga – Gayatri Pangkalan SMP Negeri 1 Tumpang, sedangkan Gugusdepannya sendiri sudah ada sejak sekolah ini berdiri tahun 1961.

 

Sejak tahun 1998 Pembina telah menargetkan untuk menjadi Gugusdepan terbaik di Jawa Timur, tentu dengan tidak meninggalkan tujuan awal pendidikan kepramukaan yang merupakan satu–satunya wadah pendidikan kepanduan di Indonesia yang membina generasi muda dengan menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan, yang mana dianggap merupakan kelompok masyarakat yang dapat diharapkan mampu mendukung kegiatan pembangunan nasional.

 

Gugusdepan adalah wadah untuk pengembangan minat, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman para Pramuka dalam berbagai bidang. Dalam perkembangannya, pembinaan kepramukaan di Gugusdepan menghadapi berbagai hambatan dan tantangan, terutama dalam segi tuntutan orang tua anggota yang lebih mengedepankan prestasi akademis saja tanpa diimbangi dengan prestasi non akademis. Kemudian, para remaja sekarang ini lebih menyukai kegiatan – kegiatan yang berbau dugem (dunia gembira) dari pada kegiatan bermanfaat seperti kepramukaan, akibat pengaruh dari era globalisasi.

 

Untuk itu konsep kegiatan kepramukaan di Gugusdepan perlu ditinjau ulang dan dikembangkan sehingga mampu menampung aspirasi yang berkembang, untuk kemudian diterapkan sesuai ketentuan – ketentuan baru dan tidak menyimpang dari tujuan awal pembinaan dalam pendidikan kepramukaan.

 

Dalam mengembangkan watak dan kepribadian peserta didiknya, kepramukaan menerapkan metode yang disebut Metode Kepramukaan, yaitu pendidikan diri secara progresif, dengan mendasarkan pada sistem nilai Satya dan Darma Pramuka. Esensi Metode Kepramukaan adalah “mengeluarkan potensi dari dalam”, yang lebih mengakar dari pada “memasukkan instruksi dari luar”. Kepramukaan lebih merupakan pendidikan orang per orang, bukan secara kelas.

 

Pola pembinaan anggota Pramuka di SMP Negeri 1 Tumpang selama ini dilakukan secara berjenjang, disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik, serta kemampuannya dalam menyerap materi kepramukaan yang diberikan. Jenjang pembinaan anggota itu antara lain; Wajib, Kader, Diklat, dan Akademi.

 

Program Wajib, program ini wajib diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 atau 7, pada awalnya dilaksanakan selama satu tahun pelajaran, namun dengan berbagai pertimbangan, salah satunya untuk efisiensi waktu agar lebih bisa berkonsentrasi ke program yang lain maka akhirnya dilaksanakan hanya satu semester. Materi yang diberikan dalam program ini adalah materi dasar dalam kepramukaan. Tujuannya agar peserta didik lebih disiplin dan dapat mengetahui serta memahami tentang pendidikan kepramukaan.

 

Kemudian program Kader, program ini dapat diikuti oleh peserta didik tanpa di seleksi, yang terpenting mereka mempunyai minat untuk memperdalam pengetahuan tentang kepramukaan untuk pengembangan dirinya. Program ini menggunakan sistem beregu (berkelompok), dalam melaksanakan kegiatannya. Tujuannya agar peserta didik dapat terlatih hidup mandiri dalam kelompoknya dengan menggunakan Satya dan Darma Pramuka sebagai pedoman hidupnya.

 

Selanjutnya program Diklat, program Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) hanya dapat diikuti oleh peserta didik yang lolos seleksi, berbagai seleksi yang harus dilalui antara lain; minat dan bakat, nilai rata-rata minimal harus 7 (tujuh), ijin dan dukungan orang tua, dan lain-lain. Materi yang diberikan antara lain pengetahuan kepramukaan, ketrampilan kepramukaan, ketrampilan manajerial/ kepemimpinan, kewirausahaan, ketrampilan khusus, teknologi tepat guna, dan penguasaan teknologi modern. Tujuannya agar peserta didik dapat melakukan apa saja dan siap menghadapi berbagai tantangan hidup dalam masyarakat.

 

Program Akademi, program ini hanya dapat diikuti oleh peserta didik yang dinyatakan lulus dalam program Diklat, yang merupakan program pembinaan terakhir bagi anggota Gugusdepan. Tujuannya agar peserta didik dapat menguasai secara mahir materi kepramukaan yang menjadi spesialisasinya.

 

Dengan pola pembinaan yang demikian, jangka pendeknya Gugusdepan dapat membentuk regu inti yang tangguh untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan lomba, sedangkan untuk jangka panjang Gugusdepan dapat semakin berkembang dan mengarah pada kemajuan yang diinginkan bersama.

 

Untuk menjamin keserasian, keselarasan dan kesinambungan dalam usaha pembinaan anggota Gugusdepan, maka Pramuka SMP Negeri 1 Tumpang selalu mengadakan komunikasi dan hubungan yang erat serta kerjasama yang baik dengan guru dan orang tua peserta didik. Hal ini dilakukan agar peserta didik dapat tetap berprestasi secara akademis maupun non akademis dalam hal ini adalah prestasi di Pramuka.

 

Dengan sistem dan manajemen seperti itulah akhirnya Pramuka SMP Negeri 1 Tumpang atau yang lebih kental dengan julukan “La Negsatu” dapat mengukir prestasi gemilang sesuai dengan target para Pembina yaitu menjadi Gugusdepan terbaik di Jawa Timur, hal ini ditandai dengan meraih Juara Umum dua kali secara beruntun di LPPP Jawa Timur dan berbagai perlombaan baik tingkat Malang Raya maupun tingkat Jawa Timur yang diselenggarakan oleh berbagai satuan pramuka, serta yang paling membanggakan adalah keberhasilan mengikuti Lomba Tingkat IV Kwartir Daerah Jawa Timur dua kali secara beruntun yaitu pada tahun 2002 dan 2006, meskipun masih belum berhasil menjadi pemenangnya.

 

Dengan prestasi yang telah diraih melalui perencanaan yang matang dan terarah selama 9 tahun sejak 1998 hingga 2007, maka patutlah kiranya kita syukuri karena segala daya dan upaya, perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan seluruh komponen yang ada di Gugusdepan Gerakan Pramuka Kabupaten Malang 22099 – 22100 Airlangga – Gayatri Pangkalan SMP Negeri 1 Tumpang telah membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan.

 

Tetapi yang paling penting, setelah kita dapat meraih prestasi tersebut maka kita harus mampu mempertahankan dan selalu berusaha untuk meningkatkan prestasi yang lebih tinggi lagi. menyadari hal itu maka segenap jajaran Pramuka di SMP Negeri 1 Tumpang kini sedang berupaya untuk mempertahankan dan meningkatkan prestasi tersebut dengan mencanangkan Program Rencana Strategik Gugusdepan “Proyek La Negsatu Emas 2011” dengan tujuan akhir adalah menjadi salah satu Gugusdepan terbaik di tingkat nasional.

 

Sasaran strategik Gugusdepan “Proyek La Negsatu Emas 2011” dapat tercapai apabila semua kekurangan dan kelemahan yang telah diidentifikasi saat ini berhasil diatasi, maka sosok dan postur Gugusdepan pada tahun 2011 dapat digambarkan sebagai berikut :

 

Gugusdepan sebagai bagian dari Gerakan Pramuka yang merupakan gerakan nasional yang bersifat non politik dan terbuka untuk semua, yang mampu menjadi salah satu kekuatan perubahan sosial dan memelihara kesatuan bangsa, semakin diminati oleh anak muda untuk mengembangkan dirinya dalam pendidikan kepramukaan.

 

Gugusdepan sebagai bagian dari Gerakan Pramuka yang merupakan wadah pendidikan kepramukaan yang berhasil membekali anak muda dengan ketrampilan dan nilai-nilai kehidupan, akhlak dan watak serta disiplin, dalam mengantarnya menjadi orang dewasa yang berguna bagi bangsa dan negara.

 

Gugusdepan sebagai bagian dari Gerakan Pramuka yang merupakan ujung tombak yang dinamis dan inovatif, dengan sumber daya yang cukup, struktur organisasi yang mantap dan proses-proses pengambilan keputusan yang demokratis, dimana organisasi dan manajemen terbuka bagi evaluasi oleh sekolah, orang tua peserta didik, dan masyarakat.

 

Gugusdepan sebagai bagian dari Gerakan Pramuka, mampu berprestasi di tingkat nasional menuju prestasi yang lebih tinggi lagi yaitu di tingkat internasional dengan menggunakan tolok ukur keberhasilan berprestasi di Lomba Tingkat (LT) V Regu Pramuka Penggalang tahun 2011.

 

Dalam upaya mewujudkan pencapaian sasaran strategik tersebut, diperlukan kontribusi dan tanggung jawab dari sekolah, orang tua peserta didik, dan masyarakat. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah-Nya kepada Gugusdepan Gerakan Pramuka Kabupaten Malang 22099 – 22100 Airlangga – Gayatri Pangkalan SMP Negeri 1 Tumpang dalam membina dan mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan kepramukaan sehingga menjadi warga negara yang Pancasilais, manusia yang berbudi pekerti luhur, kader pembangunan yang handal. Amiin. VIVA LA NEGSATU. (ejw)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

LT I Kader La Negsatu 2007 Sarana Penemuan Regu Berprestasi Gudep Gelora Penggalang Arena Lomba Kepramukaan Bagi Penggalang SD/MI Se-Malang Raya

6 Komentar Add your own

  • 1. shara azzuraida  |  Januari 21, 2008 pukul 6:55 am

    sbg La Negsatu yang baik, mustinya juga harus mematuhi Dasa Dharma, karena menurut penglihatan saya sehari-hari ,beberapa anggota La Negsatu terkadang sering melakukan sesuatu yg tidak baik, mis: memojokkan teman atau bahkan ‘bullying’ dgn kata-kata, entah mungkin karena yang di ‘bully’ itu tidak bisa menali, membangun tenda, bahkan karena belum paham. dan si pem’bully” memojokkannya, sehingga anak yang di ‘bully’ itu menjadi ogah-ogahan, tidak PD, dan paranoid untuk unjuk kebolehan maupun berkreasi di La Negsatu ini. dan masalah sprti ini memang harus di pecahkan bersama dan atas kesadaran ank-ank La Negsatu, agar bisa menjadi La Negsatu Pramuka Terbaik di Jawa Timur yang berbudi mulia, terimakasih.

  • 2. ANDARU  |  Juli 5, 2008 pukul 7:03 am

    pertahankan terus gelar lanegsatu sebagai pramuka terbaik se jatim,……..

    meskipun mendapat gelar tersebut,lanegsatu jangan pernah lengah dalam berlatih,karena masih banyak lawan** kita yg tangguhj/hebat atau belum bisa kita kalahkan sama sekali ,……..

    CAYO LANEGSATU ! ……

  • 3. Yusuf Guruh Andita  |  Maret 31, 2009 pukul 9:06 am

    Salam Pramuka! Kenalkan Saya PRATAMA dari SMP N 3 Tulungagung!

  • 4. sharazz  |  April 2, 2009 pukul 10:35 am

    salam pramuka! nice to meet u!

  • 5. V!DZCHA PRATAMA  |  April 12, 2009 pukul 3:59 am

    WALAUPUN Q BUKAN NAK PRAMUKA,BUT Q TETEP DUKUNG KALYAN CMUA KOK.KARENA,KALIAN MANG PANTEZ D DUKUNG ABIEZ…..COZ,YOUR POTENSION IS VERY GOOD..CIE…CIE..,,NANTI GEDHE KPALA LGI.BUT,GUGH PA_PA KOK,KALIAN MANG KEREN2 KOK.BWAT ANNIZZA,MOGA2 CEPET JADI MA BAYA PRAMANA DECHG..BYE…CAYOOOO…….!!!!

  • 6. margo  |  Juni 2, 2009 pukul 2:18 am

    smg lanegsatu jd yg terbaik , sampai ketemu di 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Januari 2008
S S R K J S M
    Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Total Pengunjung

  • 93,074

%d blogger menyukai ini: