Tri Andaru Wibowo, Berbagi Pengalaman Ikuti Jambore Jatim

Februari 5, 2009 at 7:08 am 6 komentar

andaruTANGGAL 18 Januari 2009 saya berangkat ke kantor dinas kabupaten malang untuk mengikuti kegiatan jamboree daerah di sumberboto Jombang. Saya bermalam di Diknas Kabupaten Malang dahulu untuk melakukan chek in barang dan persiapan pemberangkatan. Pada tanggal 19 Januari 2009 pukul 07 pagi saya mengikuti pelepasan kontingen Kabupaten Malang untuk mengikuti kegiatan Jambore Daerah yang dihadiri oleh Kakuaran Kepala Sekolah dan Wali peserta masing – masing. Usai upacara pelepasan saya dan teman – teman langsung menuju bus yang telah disiapkan untuk pemberangkatan ke daerah Buper Sumberboto Jombang. Kami berangkat dari kwarcab pada pukul o9.00 dan sesampainya d sana pada pukul 13.00. sesampainya dsana kami lanng menuju kavling yg telah di tentukan dan membersihkanya.tenda induk dan tenda dapur sudah didirikan oleh bindamping jadi kami langsung membut gapura ,pagar dll.waktu kami sedang menata seluruh kavling,kami di guyur hujan yang sang lebat jadi kami harus bekerja cekatan agar barang2 kita selamat dari air hujan.

 

Hari pertama kami mengikuti pertemuan pinru dan malam perkenalan  yang dihadiri oleh pinru masing2 kontingen,kegiatan ini di laksanakan pd malam hari. Sesudah kegiatan ini kami langsung istirahat untuk mempersiapkan kegiatan bsk pagi.sehabis istirahat kami langsung benah dan mempersiapkan diri untuk mengikuti upacara pembukaan.upacara ini dihadiri oleh tamu2 pejabat tentunya ke kwarda jatim. Upacara di laksanakan pada pukul 08.00-10.00.di upacara ini kami mempunyai kesempatan untuk berkenalan atau mencari sahabat dari kontingen lain.

                          

Sesudah upacara pembukaan kami beristirahat dulu untuk mengikuti kegiatan2 yang lainnya.sebelumnya kami di bagi laftar kegiatan dahlu untukdi mintai stempel,stempel ini di gunakan untuk mendapatkan tiska dan bed penghargaan.minimal stempel yg digunakan untuk mendapatkan tanda2 tersebut adalah 16 stempel. sesudah dibagikan daftar tersebut saya kegiatan yang laennya yaitu;

 

  1. SAFARI DESA    

Disafari desa ini saya mendapatkan pengalaman yang sangat banyak.kegitan ini juga pernah saya ikuti waktu saya berlomba galang prestasi di komplek trowulan mojokerto.di safari desa ini kami melekukan perjalanan yang cukup jauh dan menelusuri areal persawahan.

 

2.WISATA

Di kegitan ini kami mengunjungi situs2 bersejarah yang berada di daerah komplek majapahit trowulan.di tempat ini kami bisa melihat barang2 purbakala dan bisa mengerti betapa pentingnya hasil perjuangan kerajaan majapahit di nusantara.

 

  1. BERNYANYI DAN MEMBUAT LAGU

Dari kegiatan ini pengalaman saya adalah saya bisa melatih vocal dan intonasi dg sendirinya.saya juga di ajarkan bagaimana cara membuat lagu sendiri.

 

  1. TTG

Di kegiatan ini saya di ajarkan cara membuat bahan bakar sederhana seperti briket.briket ini terbuat dari sekam yang di arangkan lalu di padatkan sama tepung kanji.bahan bakar  ini banyak di gunukan di daerah pedesaan pada khususnya.dari kegiatan ini saya dapat mengetahui cara membut bahan bakar  sederhana seperti briket.

 

  1. MELIHAT FILM

Di kegiatan ini saya hanya di suruh  melihat film dan mencari kesimpulannya.film yang saya lahat berjudul “ekspedisi madewa”  yang menceritakan barang2 purbakala.

 

  1. TANTANGAN

Di kegiatan ini saya di latih melewati tantangan seperti outbond,refling dan menelusuri sungai. Dari kegiatan ini pengalaman saya sangat banyak,saya dapat melatih kemandirian ,kebranian  dan ketangkasaan saya.

 

  1. SAKA BAHARI

Di kegiatan ini saya di ajarkan bagaimana cara membuat kapal laut.saya membuatnya dengan kertas manila dan di Bantu oleh saka bahari Surabaya.

 

  1. API UNGGUN

Dari kegiatan ini saya mendapatkan tugas dari panitia untuk menjadi pasukan dasa dharma.kami sangat senang sekali mengikutti kegiatan ini,karena kegiatan ini adalah malam terakir.kegitan api unggun ini sangat meriah sekali,kami bernyanyi bersama2 sambil didampingi musik band yang telah di undang.

 

Sesudah kegiatan di atas keesokan harinyakami mengikuti upacara penutupan.di upacara ini kami akan berpisah dengan shabat2 yang telah saya kenal.upacara penutupan di laksanakan pada pukul 08.00-09.00.sesudah upacara penutupan saya langsung membongkar tenda mengepak barang2,packing dan membersihkan seluruh tenda.sesudah itu kami berjalan ke posko kwarcab malang untuk kembali pulang.

 

Kesimpulan: saya dapat memiliki pengalaman yang banyak dan mempunyai shabat2  yg banyak pula dari kwarcab laen maupun sendiri.(andaru)

Entry filed under: Uncategorized. Tags: .

Kak Prof. Dr. dr. H. Azrul Azwar, MPH Jadi Kakwarnas (Lagi) 2008-2013 Kiprah Meyakinkan Regu Kader di Arena Gita Galang 2009

6 Komentar Add your own

  • 1. ABIE  |  Februari 16, 2009 pukul 12:36 pm

    andaru……….PLJ ikt ga????????????dri madsaneba ikt nich………blz

  • 2. shiiiiiiiiiiiiiiiiiiii,,,,,,  |  Februari 19, 2009 pukul 7:15 am

    aaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii ndaruuu…

  • 3. coBaTz Qm  |  April 16, 2009 pukul 7:17 am

    hEy AnDaRu………… Yo’Po KaBaRe,,,, . . ?kOn gA9 nD’KwARcAB Tha,,
    cObAtZ Qm JamDa,,U InGeT AqUw gA9,,,?
    TaKe CaRe IaW…………………….

  • 4. FIZHA MLNG SEL  |  Mei 2, 2009 pukul 11:19 am

    salam pramuka………….gmn kbr ny ????koq guph prnh mz dah lp tha ma q.salam dry BNTR 2

  • 5. bagus  |  April 20, 2010 pukul 4:12 am

    hai!!!!
    giman kesan jamda ???? memukaw bukan !!!! tpi kok gak da ya website about jamda 2009!!!!!
    aku pengin dengeri lgu wake up ya !!!!!!
    NIE BGI KALIAN YANG KUT JAMDA JNGN LUPAIN KEGIATN YANG SANGAT SANGAT SANGAT MEMUKAW !!!! TAK BISA KITA LUPAIN !!!!! DAN JAN LUPA KUNJUNGIN FB AKU DI : mr_bagus95@yahoo.co.id. and tuk afwan semoga ingat aku!!!!!! aku nak kwarti ngawi yang ngikuti jamnda!!!!!! I MISSS YOOU JAMDA !!!!! ILOVE YOU SOO MUCH !!!!!

  • 6. teger  |  Oktober 12, 2010 pukul 1:08 pm

    ,
    ,salam pramuka
    ,
    , k saya dari teman k andaru waktu jammda 2008
    , ada yg tau g fb nya dia,,
    , thks

Tinggalkan Balasan

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Kalender

Februari 2009
S S R K J S M
« Jan   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Total Pengunjung

  • 93,073

