Inti

REGU INTI LA NEGSATU

A. RAJAWALI BAGUS

rajawali

 

 

 

 

 

 

 

 

RAJAWALI adalah burung yang secara luas dianggap memiliki penglihatan yang sangat baik dibandingkan dengan manusia. Hal ini disebabkan oleh fotoreseptor di retina (lebih dari 1.000.000 per mm persegi untuk Buteo, sedangkan manusia hanya 200.000).

Ciri utama dari burung rajawali adalah tidak takut badai. Burung rajawali malah menantikan datangnya badai. Dia akan mengembangkan sayapnya, memperhatikan dengan pandangan visinya, kapan badai datang. Sebab dia akan menghadapinya dan menggunakan badai itu untuk melambung tinggi. Burung rajawali tidak mengepak-ngepakkan sayapnya, tetapi dia mengembangkan sayapnya.

Burung rajawali tidak seperti ayam atau anak ayam. Ayam atau anak ayam penciumannya tajam, mereka tahu saat akan datang badai. Mereka ribut berkotek-kotek, menciap-ciap, bingung lari kesana kemari, sambil mengepak-ngepakkan sayapnya mencari tempat persembunyian untuk berlindung terhadap badai. Apabila badai datang mereka bisa menjadi korban, sebab mereka lemah, tak berdaya, dia menjadi victim badai. Lain dengan burung rajawali, dia tidak menjadi victim, tetapi menjadi victor, pemenang, terbang mengatasi badai.

Selain itu ciri-ciri yang dimiliki burung rajawali adalah ia menyediakan waktu untuk memperbaharui diri. Saat sadar bahwa kekuatan sayapnya mulai berkurang, dia sabar. Dia berdiam diri; dia tidak terbang. Dia mencari tempat yang tinggi di atas bukit batu.

Seekor burung rajawali bisa mencapai umur hingga 70 tahun. Tapi untuk mencapai umur tersebut adalah sebuah pilihan bagi seekor rajawali, apakah dia ingin hidup sampai 70 tahun atau hanya sampai 40 tahun.

Ketika burung rajawali mencapai umur 40 tahun, maka untuk dapat hidup lebih panjang 30 tahun lagi, dia harus melewati transformasi tubuh yang sangat menyakitkan. Dan pada saat inilah seekor rajawali harus menentukan pilihan untuk melewati transformasi yang menyakitkan itu atau melewati sisa hidup yang tidak menyakitkan namun singkat menuju kematian.

Pada umur 40 tahun paruh rajawali sudah sangat bengkok dan panjang hingga mencapai lehernya sehingga ia akan kesulitan memakan. Dan cakar-cakarnya juga sudah tidak tajam. Selain itu bulu pada sayapnya sudah sangat tebal sehingga ia sulit untuk dapat terbang tinggi.

Bila seekor rajawali memutuskan untuk melewati transformasi tubuh yang menyakitkan tersebut, maka ia harus terbang mencari pegunungan yang tinggi kemudian membangun sarang di puncak gunung tersebut. Kemudian dia akan mematuk-matuk paruhnya pada bebatuan di gunung sehingga paruhnya lepas. Setelah beberapa lama paruh barunya akan muncul, dan dengan menggunakan paruhnya yang baru itu ia akan mencabut kukunya satu persatu-satu dan menunggu hingga tumbuh kuku baru yang lebih tajam. Dan ketika kuku-kuku itu telah tumbuh ia akan mencabut bulu sayapnya hingga rontok semua dan menunggu bulu-bulu baru tumbuh pada sayapnya. Dan ketika semua itu sudah dilewati rajawali itu dapat terbang kembali dan menjalani kehidupan normalnya. Begitulah transformasi menyakitkan yang harus dilewati oleh seekor rajawali selama kurang lebih setengah tahun.

rajawali bagus

Itulah sebabnya Rajawali digunakan oleh La Negsatu sebagai nama Regu Inti Penggalang Putra, yang diharapkan keunggulan dan kelebihan burung tersebut juga menjadi keunggulan dan kelebihan Regu. La Negsatu memberikan tambahan kata “Bagus” dibelakangnya, hal ini dimaksudkan agar setiap tindakan dari anggota regu mengutamakan akhlak yang baik dengan memegang teguh Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Secara umum bentuk maupun ukuran bendera sesuai dengan peraturan yang berlaku di Gerakan Pramuka, untuk gambar burung rajawali sendiri berbentuk silhouette atau bayangan hitam dengan background warna silver yang menandakan bahwa regu ini lahir pada era millennium ke-3. Dengan menggunakan rumbai warna merah pada bendera regu dan garis tepi merah pada tanda regu yang melambangkan warna Golongan Penggalang di Gerakan Pramuka. (*)

 

B. ANGGREK OKE

anggrek

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ANGGREK dikenal sebagai tanaman hias populer yang dimanfaatkan bunganya. Bunga anggrek sangat indah dan variasinya hampir tidak terbatas. Anggrek biasa dijual sebagai tanaman pot maupun sebagai bunga potong. Indonesia memiliki kekayaan jenis anggrek yang sangat tinggi, terutama anggrek epifit yang hidup di pohon-pohon hutan, dari Sumatera hingga Papua. Anggrek bulan adalah bunga pesona bangsa Indonesia. Anggrek juga menjadi bunga nasional Singapura dan Thailand.

Anggrek sering dipergunakan sebagai simbol dari rasa cinta, kemewahan, dan keindahan selama berabad-abad. Bangsa Yunani menggunakan anggrek sebagai simbol kejantanan, sementara bangsa Tiongkok pada zaman dahulu kala mempercayai bahwa anggrek sebagai tanaman yang mengeluarkan aroma harum dari tubuh Kaisar Tiongkok.

Pada pertengahan zaman, anggrek mempunyai peran penting dalam pengembangan teknik pengobatan menggunakan tumbuh-tumbuhan. Penggunaannya pun meluas sampai menjadi bahan ramu-ramuan dan bahkan sempat dipercaya sebagai bahan baku utama pembuatan ramuan ramuan cinta pada masa tertentu. Ketika anggrek muncul dalam mimpi seseorang, hal ini dipercaya sebagai simbol representasi dari kebutuhan yang mendalam akan kelembutan, romantisme, dan kesetiaan dalam suatu hubungan. Akhirnya, pada permulaan abad ke-18, kegiatan mengkoleksi anggrek mulai menjadi kegiatan yang banyak dilakukan di segala penjuru dunia, terutama karena keindahan tanaman ini.

anggrek oke

Itulah alasannya, seperti penggunaan nama Rajawali sebagai nama regu inti penggalang Putra, Anggrek juga digunakan oleh La Negsatu sebagai nama Regu Inti Penggalang Putri, yang diharapkan pesona bunga tersebut juga menjadi pesona Regu. La Negsatu memberikan tambahan kata “Oke” dibelakangnya, hal ini dimaksudkan agar setiap tindakan dari anggota regu mengutamakan akhlak yang baik dengan memegang teguh Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka.

Secara umum bentuk maupun ukuran bendera sesuai dengan peraturan yang berlaku di Gerakan Pramuka, untuk gambar bunga anggrek sendiri berbentuk silhouette atau bayangan hitam dengan background warna silver yang menandakan bahwa regu ini lahir pada era millennium ke-3. Dengan menggunakan rumbai warna merah pada bendera regu dan garis tepi merah pada tanda regu yang melambangkan warna Golongan Penggalang di Gerakan Pramuka. (*)

23 Komentar Add your own

  • 1. lail  |  September 22, 2008 pukul 7:45 am

    haloooo
    nie lail dari kwarcab sidoarjo…
    salam knal bwd lnegsatu,,

    kwarcab sidoarjo juga kudd di jelajah sewjarah bangsa 2008

  • 2. acang  |  September 24, 2008 pukul 6:20 am

    hai lail…………….!
    q dka niy!
    eh critain dnk tntng kwrcb sda
    ngom2 qm sdoarj daerh mna c?
    cz rmh ne2kq jg d sda!

  • 3. lala  |  Oktober 12, 2008 pukul 1:54 am

    haii…
    namaQ lala dari kwarcab sidoarjo…

    koq postingan yg inti lama bgt ngupgradex??
    tloong segera di upgrade yach!!

    aktivis kliand ada yg prnah ikut jamnas 2006 g??

  • 4. F_ariZ  |  Oktober 21, 2008 pukul 6:00 am

    kaWan2 pRamuka,,
    yanG jaDi aktiviS di SMP nya masinG2 dulu taun 2002-2005-an,,
    keMana semUa ni..???

  • 5. xiien_2  |  November 15, 2008 pukul 4:46 am

    aii…aii………….
    wduh,pda kmanah smw nii angktand Quwh???
    kug wktu acrana laneg pda sdkiit iiank dteng!!!!

  • 6. bayu  |  Januari 8, 2009 pukul 8:19 am

    nona chantig dch….bleh mindta nox nona g???????????…………slam dri nak madsaneba scout…..

  • 7. teger  |  Januari 25, 2009 pukul 6:10 am

    halo

    salampramuka!!!!!!!!

    ada yg kenal andaru gak aku teman jamdanya

    TEGER from lawang

  • 8. adi  |  Februari 19, 2009 pukul 7:00 am

    allow nk lanek aq adi dari dimut.
    .
    .
    .
    lam knl

  • 9. lala  |  Maret 7, 2009 pukul 11:53 pm

    salam pramuka !

  • 10. sharazz  |  Maret 13, 2009 pukul 6:44 am

    salam!

    ~hawayu?~

  • 11. adi  |  Maret 14, 2009 pukul 7:50 am

    hi nk laneg lam knl y.
    .
    .
    .
    eh dari mlg yang ikut jelajah sejarah bangsa pangkalan mn ja???????????

  • 12. lapindow  |  Maret 20, 2009 pukul 1:35 pm

    shacy .
    fsMU gmna kbre ikku ?

  • 13. sharazz  |  Maret 23, 2009 pukul 10:52 am

    hehe.
    halo lapindow.
    fsKu rncanane mao tak hapus ae.
    akeh MUDHARAT-e tinimbang MANFAAT-e.
    yo gak? hehehe.
    ntu pendpat ai siih…
    klo kmu c, ya gk papa, gk da yg nglarang.
    lha aku???

  • 14. dr rin  |  Maret 28, 2009 pukul 6:53 am

    inti dri lanegsatu bs ikut cmua g,
    d lomba lptp n lppp yg akn dtang???????????????
    ikt dong mestinya yg tim inti……..

    mck mw rela regu kader tak berdaya yg kut…. ya g???
    smangat krn psti kn tmbah sulit dr cbelomnya….

    jangan smbong

  • 15. margo  |  April 2, 2009 pukul 5:17 am

    halo lanegsatu, ada giat apa nih….
    salam dari jakarta…
    kapan kapan kita ketemu

  • 16. k-jonk  |  Mei 16, 2009 pukul 2:01 am

    Hai ……

    beh skrang argowulas pux web loooo……

    http://www.argowulas.co.cc

    eitz,, maav klow web.x masih blm ada apa2.x
    nama.x aja baru bwat …………….ok

    kpan ktemu lomba lge…………………..? ? ? ? ?

  • 17. khoirul farihin  |  Oktober 18, 2009 pukul 4:16 am

    Salam Pramuka….!!!!
    Salam kenal
    aku anak mts ahmah yani jabung…..aku mau tanya nich bagai mana sih cara pembina kalian melatih kalian kok bisa sukses di lppp…kemarin dan brapa hari latihan nya dalam satu minggu…
    fasilitas apa saja kah yang di sediakan di sekolahan mu
    brapa semua anggota mu sekarang……………………………………
    bles ya q tugu lo ok…………………………………………………………
    salam pramuka..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.

  • 18. idin  |  Oktober 27, 2009 pukul 5:20 am

    Salam PRAMUKA,
    aq nak madsaneba scout.
    Aq nge_fans banget lhoooo ma PRAMUKA LA NEG SATU…………
    Salam sukses luar biasa
    untuk terakhir kalinya
    SALAM PRAMUKA ………!!!!!

  • 19. Agoenk  |  Desember 1, 2009 pukul 1:36 am

    sep daaahhh

  • 20. _duinda_  |  April 3, 2010 pukul 11:37 am

    ass…!
    salam pramuka…..
    ,,,….
    ,,.bwat slruh nak pramuka,,,,,
    ,,.SUKSES,,,SUKSES,,,SUKSES,,,ulales…
    ,,.cayo jambore dunia,,,…..

  • 21. _duinda_  |  April 3, 2010 pukul 11:40 am

    ,,,…I LOVE SCOUTING…..,,,,
    ,,SALAM PRAMUKA..,,,!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    ,,SALAM PRAMUKA
    ,, SALAM PRAMUKA””’!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • 22. dyaz  |  Juni 12, 2010 pukul 11:36 am

    cahyow laneg……….
    salam pramuka and salam kenal yaw………

  • 23. mellenia_ananda  |  Januari 30, 2014 pukul 12:25 pm

    assalamu alaikum..
    salam knl bwt la negsatu ya..

    me mellenia from panesad🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


%d blogger menyukai ini: